Jumat, 27 Januari 2012

KEARIFAN LOKAL DI MULAI DARI KELUARGA

Kebudayaan daerah merupakan aset negar yang wajib untuk dilestarikan. Pasalnya sekarang ini sudah banyak generasi muda yang tidak begitu mengenal kebudayaan mereka sendiri. Keadaan seperti ini bukan berarti generasi muda tersebut tidak peduli terhadap kebudayaan. Namun dapat juga hal ini disebabkan oleh kurang begitu dikenalkannya anak terhadap kebudayaan dari tempat belajar pertama yaitu keluarga. 
Keluarga sebagai tempat pertama kali anak mendapatkan pendidikan memegang peran yang penting sebagai sarana menanamkan karakter. Namun sering kali orangtua menganggap bahwa memberikan pendidikan merupakan tugas dari guru dan semua itu dilaksanakan di sekolah. Padahal jika kita amati, waktu yang dimiliki anak untuk di rumah dan di sekolah lebih banyak dihabiskan di rumah bersama keluarga.
Alhamdulillah, saya bersyukur dilaihrkan di tengah keluarga yang cukup mengenal kebudayaan Jawa. Keluarga yang selalu mengajarkan unggah-ungguh dalam bertutur kata dan bersikap kepada sesama. Selain itu terkait kebudayaan, orangtua telah mengenalkan kebudayaan Jawa melalui beberapa aksesoris rumah tangga yang menarik dan menyenangkan. Berikut sebagai contoh:



0 komentar:

Posting Komentar